Suatu
perusahaan perlu menganalisa atau membaca peluang pasar yang dapat
dimanfaatkan. Membaca peluang pasar merupakan hal yang penting,karena dengan
itu, perusahaan dapat mengetahui apakah produk yang diciptakan mempunyai
peluang untuk dipasarkan dan dengan membaca peluang pasar perusahaan juga dapat
mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen.
Dari mana
kita dapat membaca peluang pasar? Peluang pasar bisa kita dapatkan dari
berbagai segi kehidupan,seperti segi teknologi, budaya, agama dsb. Sebagai
contoh dari segi teknologi, dengan semakin berkembangannya zaman teknologi yang
ada pun semakin canggih sehingga kebutahan konsumen menjadi meningkat. Ini
merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk
menyediakan alat-alat teknologi yang dibutuhkan konsumen,seperti
Handphone,komputer,televisi dll.
Peluang pasar lebih ditujukan untuk perusahaan atau usaha kecil yang sudah berdiri dan bergerak dalam bidang usaha tertentu
Di dalam
kehidupan kita sehari-hari pun banyak tercipta peluang pasar yang bisa kita
manfaatkan dalam rangka mendapatkan keuntungannya. Ini beberapa contoh
sederahana dari peluang pasar :
- Lingkungan Rumah
Setiap
keluarga pasti memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Peluang yang
didapatkan dari segi ini yaitu kita dapat membuat sebuah warung maupun
supermarket yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
- Lingkungan Perkantoran
Di
lingkungan ini begitu banyak peluang yang dimanfaatkan,bisa kita liat banyak
warung makanan yang menjamur disekitar perkantoran. Ada pula banyak
tempat-tempat refreshing yang dapat menghilangkan kejenuhan para pekerja kantor
seperti salon,mall,dll.
- Lingkungan Kuliah atau Sekolah
Peluang yang
dapat kita baca dari lingkungan ini adalah kebutuhan para siswa maupun
mahasiswa dalam menunjang pembelajaraan mereka seperti toko alat tulis,tempat
fotokopian,warnet maupun warung-warung makanan.
- Musim Hujan
Saat musin
hujan mungkin pemiliki kendaraan merasa kesal dengan keadaannya jalan yang
becek karena dengan begitu kendaraan mereka akan menjadi kotor dan tidak enak
untuk dikendarain atau dipandang. Peluang yang dapat diambil dengan cara
membuat tempat pencucian kendaraan. Sehingga meringgankan beban para pengguna
kendaraan yang tidak ada waktu untuk membersihkan kendaraannya. Selain itu kita
juga dapat menjual jas hujan maupun payung disekitar jalan,karena mungkin
sebagaian orang selalu malas membawa 2 alat.
Dalam analisis pasar, biasanya ada beberapa komponen yang harus dianalisis dan d cermati, diantaranya dibawah ini :
- kebutuhan dan keinginan konsumen
- segmentasi pasar
- target
- nilai tambah
- masa hidup produk
- struktur pasar
- persaingan dan strategi pesaing
- ukuran pasar
- pertumbuhan pasar
- laba kotor
- pangsa pasar
Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam memilih lokasi usaha adalah :
a. Sifat bahan baku dan kemudahan mendapatkannya secara terus-menerus.
b. Sifat produk yang dihasilkan , jarak dengan pasar, dan biaya transportasi.
c. Pengadaan sumbver daya manusia dan tingkat sosial masyarakat.
d. tersedianya sumber air yang memadai dan faktor lingkungan lainnya yang menunjang usaha.
e. peraturan-peraturan setempat , fasilitas, dan kemudahan yang tersedia.
sumber : - google
- wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar